Rabu, 24 Februari 2010

P O S T U R

Postur atau perawakan dapat dideteksi sejak dini. Postur menunjukkan karakteristik individu tidak hanya dapat membedakan antar individual. Secara umum postur yang baik apabila seseorang dalam posisi berdiri akan tampak seimbang pada garis segmentalnya baik dari samping maupun dari sisi depan.
Postur yang buruk dapat disebabkan oleh adaptasi otot, tulang dan persendian dalam waktu yang lama berada pada posisi yang tidak benar. Pengawasan sejak usia dini sangat dianjurkan. Beberapa penyebab buruknya postur diantaranya menonton televisi dalam waktu yang lama pada posisi kurang baik, kebiasaan posisi duduk yang tidak tepat, diet yang kurang tepat, pencahayaan ruangan tidak memadahi, akibat berat badan atau beban yang lain, dan tones otot yang buruk (lebih spesifik pada bagian punggung). Kondisi Postur yang Buruk diidentifikasi sebagai
a. Lordosis. Memunyai karakteristik pembentukan kurva ke depan pada bagian bawah tulang punggung, dan sacrum.
b. Kyphosis. Mempunyai karakteristik pembentukan kurva ke belakang pada bagian atas tulang punggung.
c. Scoliosis. Mempunyai karakteristik pembentukan kurva ke samping pada tulang punggung, yang dapat terjadi dua bentuk yaitu huruf C atau huruf S.
Untuk dapat melihat kondisi postur anak perlu adanya pengawasan melalui posture assessment chart yang dapat dijadikan dokumen perkembangan postur anak dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Pendapat anda tentang materi situs ini ?